• Kampus UNIMA di Tondano, 95618

Sejarah

Selayang Pandang

Program Studi Geografi awalnya adalah bagian Jurusan Pendidikan Geografi. Dibuka pada tahun 1955 sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Tondano. Kemudian mengalami Perubahan dalam perkembangannya, PTPG menjadi FKIP Universitas Hasanudin (1956), FKIP Universitas Sulawesi Utara Tengah (1961), dan IKIP Manado (1965) tidak merubah tugas pokok untuk menyiapkan guru geografi SMP dan SMA.

Dalam perkembangannya, IKIP Manado mengalami perubahan bentuk dan dikonversi menjadi Universitas Negeri Manado (UNIMA) pada tahun 2000 tanggal 13 September berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 127 Tahun 2000 dan tanggal 14 Oktober 2000 diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Bapak Yahya Muhaimin serta mendapat perluasaan mandat untuk melaksanakan dua fungsi utama, yaitu menyelenggarakan program kependidikan dan program non kependidikan. Kebijakan tersebut menjadi langkah awal untuk pembukaan program studi sarjana geografi sebagai program non kependidikan.

Tahun akademik 2001/2002 Program Studi Geografi dibuka setelah mendapat Izin Operasional dari DIKTI  dengan  nomor Surat Keputusan: 2300/D/T/2001, Tanggal 04 Juli 2001. Tujuan berdirinya Program Studi Geografi adalah untuk menyiapkan profesional dan praktiksi yang berkompeten pada bidang keilmuan geografi.

Dalam penyelenggaraanya, Program Studi Geografi bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado. Gelar yang diberikan kepada lulusan Program Studi Geografi adalah Sarjana Sains (S.Si).